Your Visitor to

Kamis, 15 Maret 2012

Menang 2-1, Bilbao Singkirkan MU

Atheltic Bilbao tampil impresif. Tampil di kandang, Stadion San Mames, Bilbao sukses menundukkan Manchester United (MU) 2-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa, Kamis atau Jumat (16/3/2012) dini hari WIB. Dengan hasil ini, Bilbao berhasil menyingkirkan MU dan berhak melaju ke babak perempat final dengan keunggulan agregat 5-3.

Bermain di depan ribuan pendukungnya sendiri, Bilbao menekan sejak menit awal. Pada menit ke-12, gelandang Javi Martinez mendapat peluang emas. Sayang, tendangan kerasnya berkat kerja sama yang apik dengan Fernando Llorente masih membentur tiang gawang MU.

MU sendiri lebih banyak mengandalkan serangan balik hingga pertengahan babak ini. Tekanan Bilbao bahkan membuat mereka kesulitan menembus lini pertahanan lawan, dan lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah.

Bilbao terus menekan. Pada menit ke-20, akhirnya Llorente mampu membuat tuan rumah unggul 1-0. Menerima umpan jarak jauh dari Ander Herrera, Llorente kemudian melepaskan tendangan first time keras yang tak mampu diantisipasi oleh kiper MU, David De Gea.

MU berusaha keluar dari tekanan. Satu menit berselang, Ryan Giggs mendapat peluang emas di depan gawang Bilbao. Sayang, sundulannya yang tepat mengarah ke gawang kemudian keluar lapangan, karena mampu diantisipasi bek Fernando Amorebieta.

MU yang butuh menang dengan selisih tiga gol untuk lolos ke perempat final, melanjutkan upaya mereka membobol gawang Bilbao. Sayang, rapinya pertahanan tim asuhan Marcelo Bielsa itu membuat barisan depan "Setan Merah" frustrasi.

Selepas turun minum, Bilbao tidak mengubah strategi permainannya. Setiap MU menguasai bola, satu atau dua pemain Bilbao langsung melakukan pressing dengan ketat.  Strategi itu cukup berhasil, karena membuat barisan tengah MU kesulitan mengembangkan permainan.

MU yang berusaha mengejar ketertinggalan, justru sering terancam oleh beberapa serangan Bilbao. Bahkan, pada menit ke-65, MU kembali. Umpan silang Ander Iturraspe dilanjutkan dengan sundulan Gaizka Tuquero. Namun bola justru jatuh ke kaki Oscar De Marcos. Tanpa ampun, ia kemudian melepaskan tendangan ke arah gawang yang tak mampu diantisipasi De Gea, setelah bola lebih dulu mengenai kaki Rafael.

Ketinggalan dua gol,  mental pemain MU tampak menurun drastis. Sepanjang babak kedua, tim asuhan Sir Alex Ferguson itu terlihat frustrasi menembus barisan pertahanan lawan. Sementara, Bilbao tampil cukup sabar dan mengandalkan serangan balik yang mampu beberapa kali menciptakan peluang emas.

Pada menit ke-78, MU akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui Wayne Rooney. Ia melepaskan tendangan keras melengkung dari depan kotak penalti lawan yang tidak mampu dihalau kiper Gorka Iraizoz.MU terus berusaha menciptakan peluang hingga menit-menit akhir. Namun, apa daya, usaha mereka selalu gagal karena pertahanan Bilbao tampil cukup rapi dengan konsentrasi tinggi. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 tidak berubah untuk kemenangan Bilbao.

Susunan Pemain:
 
Athletic Bilbao: 1-Gorka Iraizoz, 15-Andoni Iraola, 5-Fernando Amorebieta, 3-Jon Aurtenetxe, 24-Javi Martínez, 14-Susaeta, 8-Ander Iturraspe, 21-Ander Herrera (17-Inigo Perez), 9-Fernando Llorente (2-Gaizka Tuquero 40), 10-Oscar, 19-Muniaín

Manchester United:
1-David De Gea, 5-Rio Ferdinand (12-Chris Smalling 63), 3-Patrice Evra, 21-Rafael, 6-Jonathan Evans, 16-Michael Carrick (42-Paul Pogba 63), 11-Ryan Giggs (19-Danny Welbeck 68), 13-Park Ji-Sung, 18-Ashley Young, 23-Tom Cleverley, 10-Wayne Rooney






Tidak ada komentar:

Posting Komentar