Your Visitor to

Kamis, 19 April 2012

Gol Capel Kalahkan Athletic Bilbao

Sporting Libson berhasil mengalahkan Athletic Bilbao 2-1, dalam misi menggagalkan final sesama tim Spanyol di Liga Europa, Kamis (19/4) malam.

Hasil tersebut menggambarkan kekuatan Sporting yang kini tak terkalahkan dalam 12 laga kandang di kejuaraan antarklub Eropa. Kemenangan itu sekaligus memupus rekor Bilbao yang mampu melalui lima pertandingan tak terkalahkan di Liga Europa musim ini.

Tuan rumah memperoleh peluang pertama pada menit keempat ketika tendangan keras Emiliano Insua dipatahkan Gorka Iraizoz. Tekanan terus dilancarkan. Lima menit berselang, kerja keras Joao Pereira dari sayap kanan diakhiri dengan tendangan Ricky van Wolfswinkel yang melebar.

Kendali pertandingan Sporting yang dipegang Andre Martins mulai diimbangi Oscar de Marcos di pihak lawan memasuki menit ke-20. Pelatih Marcelo Bielsa pun mulai bangkit dari bangku cadangan untuk memberikan instruksi kepada timnya.

Kegigihan Bilbao berhasil mengerem serangan Sporting untuk sementara. Di akhir babak pertama, Sporting kembali meraih peluang, dimulai dari tendangan spekulasi Marat Izmailov. Dan Sebuah peluang Pereira sempat menyentuh mistar. Terakhir, sebelum peluit turun minum tendangan Van Wolfswinkel lagi-lagi melebar.

Tekanan Sporting terus gencar di awal babak kedua. Iraizoz kembali melakukan penyelamatan ketika mengamankan tendangan keras Insua di tiang dekat. Begitu juga kerja sama Izmailov, Diego Capel, Martins, dan Pereira belum menemui hasil.

Menit 54, Bilbao menyentak publik Stadion Jose Alvalade. Umpan bola mati Markel Susaeta dilanjutkan Jon Aurtenetxe dengan tendangan voli rendah. Bola sempat membentur bek Sporting sebelum melesak ke dalam gawang Rui Patricio.

Lima menit kemudian Bilbao nyaris menghentikan denyut jantung fans tuan rumah. Upaya Anderson Polga mengamankan pertahanan justru membuat bola berada di depan Fernando Amorebieta. Beruntung penyelesaian Amorebieta masih menghantam gawang.

Sporting akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-76. Umpan silang Capel gagal diamankan Andoni Iraola sehingga Insua berhasil menyundul bola. Iraizoz pun takluk.

Berselang empat menit, Sporting mencetak gol kemenangan. Capel, yang beralih ke sayap kanan, memotong pertahanan lawan dan melepaskan tembakan ke pojok bawah gawang Iraizoz.

Sporting memperoleh peluang untuk menambah keunggulan, tetapi Van Wolfswinkel gagal memanfaatkannya. Begitu pula dengan pemain pengganti Andre Carillo, yang melepas tembakan melengkung tipis ke sisi gawang.

Laga kedua akan dimainkan di San Mames pekan depan. Bilbao cukup memetik kemenangan minimal 1-0 untuk lolos ke laga puncak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar