Your Visitor to

Senin, 28 November 2011

Mikel Arteta Banyak Belajar dari Barcelona

Gelandang Arsenal Mikel Arteta mengaku banyak belajar saat masih berada di akademi La Masia milik Barcelona.

Meski gagal menembus tim utama Barcelona, Arteta cukup sukses di beberapa tim tempatnya bermain. Seperti ketika membela Glasgow Rangers pada 2002 hingga 2004 dengan meraih gelar Liga Primer Skotlandia. Selain itu, saat bermain bersama Everton selama enam tahun, ia berhasil membawa The Toffees masuk ke kualifikasi Liga Champions pada 2005.

Arteta pun mengungkapkan perkembangan karier sepak bolanya ini tak lepas dari pengalamannya ketika masih menimba ilmu di akademi Barcelona.

“Saya belajar mengumpan di Barcelona, berlatih bersama Guardiola, Rivaldo, Luis Enrique, dan Figo,” ujar Arteta yang hanya dua tahun di Barcelona. “Pertama kali saya bermain untuk tim utama adalah ketika berusia 16 tahun melawan Hertha Berlin di laga pramusim. Saya masuk menggantikan Guardiola. Setelah itu dia berbicara segalanya mengenai apa saja yang telah saya lakukan di lapangan.”

Arteta yang dibeli dari Everton awal musim ini diplot pelatih Arsene Wenger menggantikan posisi Cesc Fabregas yang kembali pulang ke Barcelona. Meski demikian Arteta menolak anggapan tersebut.

“Jika saya mencoba dan menggantikan Fabregas, itu akan salah. Saya baru beberapa minggu di sini. Sedangkan dia berada di Arsenal sudah delapan tahun. Tidak mungkin bagi saya menggantikannya,” ujar Arteta yang juga pernah satu angkatan dengan Fabregas di La Masia.

Wenger punya alasan sendiri mengenai pemain barunya itu. “Dia pemain yang komplet. Dia bisa bertahan, menyerang, dan sangat ambisius. Dia mempunyai segalanya untuk menjadi pemain yang sempurna bagi Arsenal,” kata Wenger

foto
Mikel Arteta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar