Your Visitor to

Jumat, 29 Juli 2011

Cari Trofi

Arsenal jelas sudah kehabisan alasan menyikapi paceklik gelar mereka. Bagaimana tidak, sudah enam tahun terakhir tidak ada tambahan trofi atau sejak Piala FA 2005.

Namun, situasinya bakal berbeda di turnamen Piala Emirates. Ada olok-olok apabila turnamen itu sengaja dibuat sponsor Arsenal supaya bisa dimenangkan klub asal London tersebut.

Sejak dihelat kali pertama pada 2007, Arsenal sudah tiga kali tampil sebagai yang terbaik. The Gunners, sebutan Arsenal, hanya kecolongan pada edisi 2008 kala dimenangi Hamburg SV. Untuk tahun ini, The Gunners kembali difavoritkan merebut trofi keempatnya.

Itu mengacu daftar kontestan yang “hanya” diisi Boca Juniors (Argentina), New York Red Bulls (Amerika Serikat), dan wakil Prancis Paris Saint-Germain (PSG). Boca dan PSG dikenal hebat di masa lalu, tapi tidak untuk saat ini karena sama-sama tengah membangun tim baru. Sedangkan Red Bulls diundang lebih karena faktor Thierry Henry, eks striker Arsenal.

Seiring turnamen berlangsung dua hari, Arsenal tidak akan menghadapi ketiga tim, melainkan hanya Boca malam nanti dan Red Bulls keesokan harinya.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger pun menyambut antusias laga menghadapi Boca. Itu karena Boca menjadi kontestan Amerika Latin pertama di Piala Emirates.

“Berhadapan dengan tim yang memainkan gaya yang berbeda merupakan tes bagus dan penting dalam menambah pengalaman bagi para pemain kami,” ungkap Wenger di situs resmi klub

“Gaya permainan Amerika Latin lebih banyak mengandalkan utak-atik bola, memainkan tempo, dengan para pemain yang memiliki teknik tinggi, dan penjagaan area yang bagus di barisan belakang. Tidak akan mudah mencetak gol menghadapi gaya seperti itu,” imbuhnya.

Wenger memang terlihat masih belum puas dengan kinerja para pemainnya setelah menjalani tiga laga pramusim. Itu mengacu produktivitas gol mereka yang naik turun. Setelah mencetak empat gol ke gawang Malaysia XI, 13 Juli lalu, The Gunners hanya menyarangkan satu gol lawan Hangzhou Greentown, lalu menang 2-1 atas FC Koln pada 23 Juli.

Sebagai catatan, gol di Piala Emirates sekaligus krusial karena dijadikan penghitungan poin selain tiga poin untuk kemenangan dan satu poin untuk seri. Untuk tiap gol dihitung satu poin. Tembakan ke gawang juga bakal diperhitungkan apabila ada tim yang memiliki jumlah poin sama.

Di sisi lain, Arsenal tidak akan diperkuat Cesc Fabregas di Piala Emirates. Gelandang asal Spanyol itu memang menolak mengikuti pramusim karena niat pindah ke Barcelona. Sedangkan Theo Walcott diragukan tampil setelah mengalami cedera engkel saat menjalani pemusatan latihan di Jerman pekan lalu.

Sementara dari kubu lawan, Juan Roman Riquelme akan memimpin serangan Boca. Kendati baru kalah 1-3 dari Espanyol,  Rabu, 27 Julu, Riquelme mengatakan timnya tidak akan mudah dikalahkan Arsenal.

“Kami hanya tidak beruntung dengan skor akhir karena kami sebenarnya tampil bagus,” jelas playmaker 33 tahun itu.

Bagi Riquelme, bentrok lawan Arsenal membangkitkan memorinya di leg kedua semifinal Liga Champions 2005-2006. Kala itu, Riquelme yang membela Villarreal menyia-nyiakan kesempatan gol dari hadiah penalti sehingga skor akhir hanya 0-0. Villarreal pun kalah agregat 0-1
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar